Senin, 20 Agustus 2012

GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK


                     Sebelum kita membahas tentang gelombang elektromagnet, saya mau menambahkan kata pengantar dulu nih #hahaha. To the point aja deh, saya mau bilang kalau Anda mau belajar fisika itu, sebenarnya relax aja, ga susah kok, asal ada kemauan (selain dapet nilai bagus, misalnya kalau kita mau jadi fisikawan atau ilmuwan, fisika tidak akan terlepas dari hidup kita) jadi, jangan lemas! Dan jangan buat tugas dengan co & paste informasi dari sini atau internet saja! Berusahalah belajar baca buku - buku yang berhubungan dengan pelajaran (jangan yang isinya tulisan doang! baca yang agak menarik, yang berbentuk seperti komik misalnya!), selain itu juga jangan hanya belajar kalo ada tugas atau ulangan doang! Diluar itu kita juga harus belajar agar kita bisa lebih pintar, dan belajar untuk bersaing dengan yang pintar - pintar! #ini pesan untuk seseorang yang kukenal.


HAHAHAHA, pasti ada yang bosen dan mengskip kata pengantarnya kan, kalau kamu mengskip kata pengantarnya sih terserah, tapi kata pengantar tadi itu mungkin saja bisa membantu kamu belajar di blog ini dengan lebih nyaman, jadi, bagi kalian yang mengskipnya semoga kalian tertarik untuk membacanya. Ayo kita mulai membahas GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK



GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK #eh

Sebelum membahas GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK, kita akan membahas dulu tentang GETARAN #hahaha

GETARAN

Gambar 1.2 Jam bandul
Gambar 1.1 Ayunan
Kalian semua pasti tahu getaran itu apa. Bukan, bukan profile "vibrate" di HP-mu! #jayus. Tapi getaran yang dimaksud di sini adalah getaran secara fisikawi.Getaran yang dimaksud adalah "<i>gerakan bolak balik suatu benda yang melewati titik kesetimbangan</i>". Contohnya yaitu kalau kita menaiki ayunan maka saat teman kita mendorong ayunan, ia lepas dan membiarkan ayunan itu berjalan sendiri, itu namanya ayunan itu sedang bergetar, karena ia melewati titik kesetimbangan yang ada di tempat dimana ayunan mula mula. Contoh lainnya adalah bandulnya jam bandul.
Semua gerakan benda benda di atas ada persamaan, yaitu bentuk gerakannya seperti di gambar 1.3, dari gambar itu, kita bisa melihat bahwa titik a merupakan titik kesetimbangan bandul.


   

Gambar 1.3 Getaran
Getaran memiliki frekuensi, amplitudo dan periode. Periode itu adalah waktu yang dibutuhkan untuk mencapai 1 getaran, satuannya second (s). Sedangkan frekuensi merupakan kebalikannya, frekuensi merupakan banyaknya getaran yang terjadi dalam 1 second. Sedangkan amplitudo merupakan jarak terjauh atau tertinggi yang dapat dicapai dalam getaran (lihat gambar 1.3, dapat dilihat bandul bergerak dari titik b, maka amplitudonya merupakan di titik e). Untuk mencari periode dan frekuensi ada beberapa rumus :

Penjelasan : π = π lingkaran (3,14 atau 22/7)

                   l = panjang tali bandul / ayunan
                   g = gaya gravitasi setempat (bumi = 10 m/s2)
                   f = frekuensi
                   T = periode
                    t = waktu\
                    n = banyaknya getaran

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~GETARAN SELESAI~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

____________________________________________________________________________________________
                                                                   GELOMBANG DIMULAI

          Kita akan  langsung mengkhususkan ke GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK karena itu tujuan kalian membaca ini kan?? #hahaha


GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK

Gambar 1.4 Handphone

Gelombang elektromagnetik merupakan gelombang yang sangat spesial, karena tidak seperti gelombang transversal yang lainnya, gelombang elektromagnetik dapat merambat tanpa medium apapun (ruang hampa), jadi kalau ingin menyiarkan pesan dari satelit televisi di luar angkasa ke tv di rumahmu, itu menggunakan gelombang elektromagnetik. Contoh kegunaan gelombang elektromagnetik adalah untuk transmisi radio, untuk alat komunikasi kita, seperti handphone, atau juga untuk entertainment kita melalui TV. Contoh lainnya yaitu untuk radar, yang digunakan untuk melacak keberadaan musuh, lucunya dari peralatan untuk membuat radar, oleh para teknisi dan ilmuwan militer amerika dibuat microwave, karena saat pemancaran radar, seorang ilmuwan mendapat ilham untuk membuat microwave, karena cokelat yang ada di sakunya meleleh begitu radar dipancarkan, tapi yang terpenting adalah, gelombang elektromagnetik dari matahari, jika tidak ada sinar (yang merupakan pancaran gelombang elektromagnetik matahari) maka bumi tentunya akan tak berpenghuni, bumi akan menjadi sangat dingin sehingga tidak ada yang dapat hidup karena semua molekul akan berhenti di tempat.

   
Gambar 1.5 TV
Gambar 1.8 Radiasi matahari
`
Gambar 1.6 Microwave
                                                



Gambar 1.7 Radar
Sebelum membahas lebih dalam, saya mau cerita cerita dulu nih, hahaha. kalian pasti tahu kalau nama ELEKTROMAGNETIK berasal dari 2 kata, ELEKTRO yang berarti listrik dan MAGNETIK yang berarti sifat kemagnetan. Pasti ada yang bertanya - tanya bagaimana gelombang elektromagnetik dapat terbentuk (kalau tidak ada TERLALU). Pertama - tama, teori dan hitungan gelombang elektromagnetik itu ditemukan dan diselesaikan oleh James Clerk Maxwell dan Henric Hertz pada tahun 1873, walaupun sebelum James sudah ada beberapa ilmuwan yang sudah bereksperimen yang hasilnya merupakan hitungan dan teori Maxwell dan Hertz, tapi Maxwell dan Hertz lah yang mempublikasikan teori dan hitungan mereka itu ke Englands Royal Society yang merupakan komunitas ilmuwan yang dimana mereka berkumpul untuk berdebat maupun mempublikasikan dan membicarakan kegiatan scientific. Back to the topic, hebatnya dalam hitungan Maxwell dan Hertz, mereka mendapatkan hitungan yang menyerupai kecepatan sinar matahari, jadi mereka membuat kesimpulan bahwa matahari merupakan pemancar gelombang elektromagnetik. OK, cerita ceritanya selesai, sekarang kita mulai masuk ke ciri gelombang elektromagnetik.

Ciri ciri gelombang elektromagnetik banyak, tapi kita hanya akan membahas yang penting saja

  1. Gelombang elektromagnetik adalah ramabatan medan listrik yang tegak lurus dan merambat ke segala arah
  2. Tidak memerlukan medium untuk merambat
  3. Merupakan gelombang transversal
  4. Kecepatan gelombang bergantung pada kekuatan medan listrik dan permiabelitas medan magnet
  5. Memiliki sifat seperti cahaya yaitu :
  • Dapat dipusatkan
  • Dapat dibiaskan
  • Dapan dipecah
  • Dapat dipantulkan
  • Dapat dipatahkan

103
Dalam gelombang elektromagnetik, ada beberapa rumus yang kita harus tahu, dan kita akan membahas yang umum saja (untuk tingkat SMP saja), yaitu, rumus untuk mencari frekuensi, panjang gelombang elektromagnetik dan beberapa teori spektrum elektromagnetik.
 Rumus untuk mencari panjang dan frekuensi gelombang elektromagnetik adalah 

c = λ x f
λ = panjang gelombang
f  = frekuensi
c = cepat rambat cahaya (300.000 km/s)


1. Gelombang radio dan Televisi
Gelombang radio dan televisi, memiliki frekuensi terkecil untuk semua spektrum gelombang elektromagnetik frekuensi dimulai dari 30 kHz . sumbernya adalah oscilator elektronik yang bergetar. Gelombang ini memiliki kegunaan serta dikelompokkan tergantung kepada panjang gelombangnya serta frekuensinya. Mulai dari alat komunikasi radio FM, Televisi serta telepon.

2. Gelombang Mikro.
Gelombang mikro merupakan gelombang radio dengan frekuensi paling tinggi (SHF=Super High Frekuensi), yaitu 3 GHz (3 x 10Hz).Gelombang mikro dihasilkan oleh peralatan yang dinamakan tabung klystron. Kegunaanya adalah sebagaipenghantar energi panas yang digunakan pada oven mikrowave(mikrowave oven) untuk memasak makan lebih cepat serta ekonomis. Kegunaan lain adalah pada antena radar pesawat, radar ini bekerja menggunakan sifat pemantulan seperti halnya pada binatang kelelawar yang menggunakan ultrasonic untuk penginderaan.

3. Infra merah.
Sinar infra merah memiliki daerah dengan jangkauan frekuensi 1011 sampai 1014 Hz. Sinar infra merah dihasilkan oleh elektron dari molekul-molekul yang bergetar karena panas. Misalnya bara api, nyala api, tubuh manusia. Sumber infra merah terbesar adalah matahari. Sinar ini memiliki sifat membawa energi panas, sehingga dengan intensitas yang tinggi bisa membakar kuli. Sifat lainnya tidak terlihat tetapi dapat menghitamkan pelat foto sehingga digunakan untuk penginderaan pada tempat gelap, kamera infra merah serta membuat foto satelit seperti yang digunakan dalam google earth.

4. Cahaya atau sinar tampak
Sinar tampak adalah satu-satunya spektrum gelombang elektromagmnetik yang dapat dilihat semuanya terdiri dari tujuh spektrum warna yaitu: merah-jingga-kuning-hijau-biru-nila-ungu. Sinar merah memiliki panjang  gelombang terpanjang tetapi frekuensi terkecil serta ungu panjang gelombang terpendek tapi frekuensi terbesar.

5. ultraviolet
Sinar ultraviolet  dihasilkan oleh atom dan molekul dalam loncatan nyala api listrik. Memiliki energi kmia sehingga bisa memendarkan barium platina sianida, menghitamkan pelat foto serta dapat membunuh bakteri juga kuman-kuman. Sebagai detektor untuk membedakan antara uang asli dan palsu.  Sumber-sumber ultraviolet adalah matahari, busur karbon,lampu mercury.

6. Sinar-x, 
Sinar-x. disebut juga sinar rontgen  dihasilkan oleh elektron-elektron yang terletak dibagian kulit elektron atau dari pancaran radisi yang keluar ketika elektron yang berkecepatan tinggi menumbuk permukaan logam. Mempunyai daya tembus sangat besar sehingga dapat digunakan untuk memotret susunan tulang dalam tubuh, misalnya untuk menentukan letak tulang yang retak akibat kecelakaan. Termasuk berbahaya karena dapat mengionisasi sel hidup sehingga tidak boleh digunakan oleh ibu hamil maka untu melihat janin dalam kandungan digunakan ultrasonografi.
  
7. Sinar gamma
sinara gamma, memiliki frekuensi paling besar serta panjang gelombang terkecil diantaraspektrum gelombang elektromagnetik sehingga daya tembus sangat besar dapat menembus pelat besi. Dihasilkan dari inti atom yang tidak stabil . Dapat digunakan  untuk membunuh sel kanker serta sterilisasi alat-lat kedokteran.


Sekian dari saya, THANKS 4 READING!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar